maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Taman Sultan Hasanuddin di Gowa Terbengkalai, Warga: Kayak Peninggalan Sejarah

$rows[judul] Foto: Plang nama Taman Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa. (Muhammad Habib Harun/Maritim.news)

Gowa - Warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluhkan kondisi Taman Sultan Hasanuddin yang berada di Jl. Tumanurung Raya, Kec. Somba Opu dalam kondisi terbengkalai dan tidak terurus oleh Pemerintah. Pengunjung taman itu berkelakar jika Taman Sultan Hasanuddin tampak seperti peninggalan sejarah.

Pantauan Maritim.news, di lokasi Jum'at (10/5/2024), Pukul 15.45 Wita, sudut-sudut taman tampak kumuh dan tak terurus. Nampak pula rumput ilalang yang sudah sangat tinggi, tanda tak pernah dipangkas.


Selain itu, toilet umum terlihat sangat jorok dan menimbulkan bau tak sedap. Sementara bagian dalam toilet penuh lumpur kering, air keran juga tak mengalir.

"Sangat disayangkan jika fasilitas yang sudah dibuat lalu dibiarkan begitu saja, toh realitanya kondisi taman Sultan Hasanuddin hari ini terbengkalai, dulu saya sering nongkrong di kawasan itu, tapi semenjak tidak terawat, sudah tidak lagi," kata salah satu warga Gowa bernama Rizki.

Ia mengaku jika kondisi kumuh taman itu sudah berlangsung sejak lama. Karenanya, dia menuding Pemkab Gowa tak serius dalam menyediakan fasilitas umum.

"Taman Sultan Hasanuddin sudah lama dibiarkan terbengkalai. Pemkab juga terkesan cuek dan tidak bertanggung jawab memfasilitasi masyarakat, kalau ditanya sejak kapan terbengkalai saya kurang tahu kapan, tapi setahu saya sejak Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lapangan Syekh Yusuf dibuka, kawasan ini mulai tidak diperhatikan lagi, kayak peninggalan sejarah," ungkapnya.

Kendati demikian, Rizki tetap berharap agar pemerintah segera membenahi taman itu. Sebab, tempat itu adalah salah satu tempat olahraga warga setempat pada pagi dan sore hari.

"Saya pribadi berharap fasilitas terbengkalai yang berada di kawasan tersebut agar segera diperbaiki oleh Pemerintah, mengingat di kawasan ini dulunya hampir setiap hari ramai didatangi pengunjung untuk berolahraga," harapnya.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)