maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Sabri Pimpin SMA Muhammadiyah 7 Makassar Periode Kedua, Bakal Terapkan Pembelajaran di Luar Ruangan

$rows[judul] Foto: Penandatangan dokumen pelatikan. (Istimewa)

Makassar - Majelis Dikdasmen-PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan (Sulsel) melantik Sabri sebagai Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 7 Makassar untuk periode kedua. Pelantikan itu berlangsung di Masjid Da'watul Haq Muhammadiyah Pannampu, Sabtu (27/7/2024).

Keputusan itu berdasarkan SK PWM Sulsel. Kedepannya, Sabri berencana menerapkan sistem pembelajaran holistik dan transformatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

“Untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, kami akan merumuskan langkah strategis, termasuk mengembangkan model pembelajaran holistik transformatif. Sistem ini memberi ruang kepada pendidik dan peserta didik mengeksplor kesempatan belajar di luar ruangan,” kata Sabri

Sabri kini fokus pada pengembangan sistem pembelajaran yang lebih holistik dan transformatif. Salah satu langkah inovatif yang akan diambil adalah pembelajaran di luar ruangan.

"Kalau peserta didik belajar di luar ruangan, apalagi berkontribusi nyata, masyarakat akan menjadi tim penilai dari efektivitas dan ketercapaian proses yang dilaksanakan sekolah. Jadi masyarakat juga berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah," ungkap dia

Lebih lanjut, kata Sabri menegaskan bahwa dalam proses pembelajaran, pihaknya akan tetap memantau aktivitas peserta didik melalui platform digital. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar siswa menggunakan media sosial secara positif dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif.

"Pembinaan akan memanfaatkan platform digital seperti media sosial. Guru-guru harus proaktif dalam memantau sekaligus memahami kondisi peserta didik saat mengakses media sosial, agar mereka terkontrol dan terarah," ujar Sabri.

Dengan pendekatan pembelajaran yang lebih personal ini, diharapkan ikatan antara siswa dan guru semakin erat. Sabri optimis hal ini akan mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan positif, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. 

Sementara itu, Menanggapi pelantikan Sabri sebagai Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 7 Makassar, Tasrif Akib memberikan pesan inspiratif. Menurutnya, peningkatan mutu sangatlah penting agar sekolah dilirik masyarakat.

“Amanah ini wajib ditunaikan, dengan jabatan, manusia bisa menjadi orang mulia, begitu juga sebaliknya. Untuk mewujudkan sekolah unggul dan berkemajuan, kolaborasi dan inovasi adalah unsur yang sangat penting, sehingga program sekolah betul-betul meningkatkan mutu lulusan. Jika demikian, SMA Muhammadiyah 7 Makassar menjadi pilihan utama masyarakat,” papar Tasrif.

Senada dengan hal itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tallo, Irwan Rahim, turut menekankan pentingnya kerja sama yang solid. Ia juga berharap agar kegiatan ekstrakurikuler di sekolah itu ditingkatkan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan.

"Kolaborasi itu penting, termasuk sekolah Muhammadiyah yang berada di lingkup Muhammadiyah Cabang Tallo," singkat dia. (Rls)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)