maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

SMP 60 Kota Batam Bentuk Tim Jurnalis Muda Untuk Tingkatkan Literasi Siswa

$rows[judul] Foto: Pengurus Ekskul Spenpul Jurnalistik SMPN 60 Batam, Kepulauan Riau. (Istimewa)

Kepulauan Riau - SMP Negeri 60 Kota Batam, Kepulauan Riau membentuk Jurnalis Muda dengan nama Spenpul Jurnalistik pada Ahad (7/7/2024). Tim itu kini terdaftar sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah.


Salah satu tenaga pendidik SMPN 60 Kota Batam, Fitriyah Guhir menjadi pemimpin redaksi Sepnpul Jurnalistik. Ia menjelaskan alasan pembentukan ekskul baru itu adalah untuk membentuk jurnalis muda yang berwawasan budaya sekolah.


"Gerakan inovasi sekolah yang melalui jurnalis muda ini diharapkan dapat mewujudkan generasi yang kreatif, dan inovatif serta menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa" Ucap Fitriyah Guhir 


Komposisi kepengurusan Spenpul Jurnalistik diisi para siswa-siswi yang memiliki keinginan untuk menjadi jurnalis. Setelah terbentuk, ekskul itu akan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk mematangkan dan memantapkan pengetahuan para pengurus.


"Kami akan melakukan kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk para siswa yang tergabung dalam Jurnalis Muda di SMP Negeri 60 Kota Batam ini, agar anak-anak memiliki kecakapan dan kematangan sebagai seorang jurnalis muda di sekolah,” ungkap Fitriyah Guhir.


Sementara itu, Pimpinan SMP Negeri 60 Kota Batam, Gusfawati menyambut hangat kehadiran ekskul Spenpul Jurnalistik. Dia berharap program ekstrakurikuler seperti ini berjalan baik dan menghasilkan hal-hal yang bermanfaat untuk warga di sekolah dan masyarakat.


"Saya senang sekali para guru dan beberapa siswa membentuk Jurnalis Muda ini. Ini adalah terobosan bagus dan bernilai positif. Kita dukung, agar literasi anak-anak kita dapat meningkat,” ujar Gusfawati.


Gusfawati pun berharap program Ekstrakurikuler Jurnalistik dapat menjadi contoh kepada Sekolah-sekolah yang lain. "Kami berharap Spenpul Jurnalistik berjalan lancar dan bisa memberikan contoh positif kepada sekolah lainnya, baik di Kota Batam sendiri maupun di kota-kota lainnya," tandas dia. (Rls)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)