maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Ini Alasan IAKan Prioritaskan Seragam Gratis Anak Sekolah dan Beasiswa Pendidikan Tinggi

$rows[judul] Foto: Pasangan Calon Kepala Daerah di Pilkada Bantaeng, Ilham-Kanita (IAKan). (Istimewa)

Bantaeng - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dan Nurkanita Maruddani M Kahfi (IAKan), berjanji untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) jika terpilih dalam Pilkada 2024. Program unggulan mereka meliputi pemberian seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk seluruh siswa dari TK hingga SMA, serta fasilitas beasiswa kuliah.

”Program seragam dan perlengkapan sekolah gratis bagi siswa TK hingga SMP yang sebelumnya telah kami terapkan selama lima tahun memimpin Bantaeng, bakal kami perluas hingga tingkat SMA. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beasiswa kuliah gratis,” kata Ilham di Bantaeng, Sabtu (19/10/2024).

Sebelumnya, kata Ilham, orang tua diharuskan mengeluarkan biaya sekitar Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta untuk pengadaan seragam dan perlengkapan sekolah di awal tahun ajaran baru. Menurut dia, biaya sebesar itu membebani finansial keluarga.

“Nah kalau pemerintah ikut hadir membantu menyediakan seragam dan perlengkapan sekolah gratis, maka para orang tua bisa menggunakan uang yang seharusnya untuk membeli seragam untuk kebutuhan keluarga lainnya,” ungkap Ilham.

Atas alasan itulah, Ilham melakukan terobosan di bidang pendidikan, khususnya di sekolah. Hingga, kata dia, langkahnya itu telah menginspirasi Pemprov Sulsel dan sejumlah kepala daerah.

“Saya juga bangga karena beberapa calon kepala daerah di beberapa kabupaten dan kota di Sulsel ikut menjadikan seragam sekolah gratis sebagai program yang mereka tawarkan kepada masyarakat,” beber dia.

Karena itu, jika terpilih lagi, Ilham dan Kanita bakal memperluas jangkauan programnya itu hingga ke Pendidikan Tinggi. Dengan begitu, generasi muda Bantaeng bakal lebih banyak yang melanjutkan pendidikan.

Semakin banyak yang kuliah, kata Ilham, maka bertambah pula generasi muda yang memiliki wawasan luas. Hasil akhirnya adalah jumlah individu berkualitas yang siap memimpin Bantaeng di masa yang akan datang juga semakin bertambah.

“Sudah lebih dari 20 tahun, sosok yang maju di Pilkada Bantaeng itu-itu saja. Ibaratnya seperti El-Clasico di sepak bola Spanyol, kalau tidak Real Madrid ya Barca, Real Madrid atau Barca,” imbuh dia.

“Saya memiliki impian, 10-20 tahun ke depan bakal muncul pemimpin-pemimpin hebat dari Bantaeng jika SDM-nya sudah disiapkan mulai dari sekarang,” tandas dia. (Rls).

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)