maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Kepala UPTD PPA Makassar Respons Keluhan Korban Soal Lambannya Penyelesaian Kasus, Klaim Sudah Bekerja Sesuai SOP dan Keinginan Klien

$rows[judul] Foto: Kantor UPTD PPA Makassar. (M.Dirga Rizkiansyah/maritimnews)

Makassar - Kepala UPTD PPA Kota Makassar, Muslimin, menyebut telah menindaklanjuti laporan Ratih, korban wanita yang direkam tetangganya saat mandi. Muslimin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar.

“Itu sudah dilakukan (koordinasi). Pihak teman-teman (PPA) itu setiap ke sana koordinasi dengan penyidiknya, (menanyakan) ‘bagamaina mi kasusnya pak?’. Itu sudah dilakukan sekitar, tidak jauh (beberapa hari yang lalu),” ucap Muslimin saat dikonfirmasi maritim.news di Ruang Assesmen Kantor UPTD PPA, Jalan Nikel III, Kota Makassar, Senin (29/4/2024) kemarin.

Soal keluhan korban yang menilai pihaknya lamban dalam menangani kasus, Muslimin menuturkan bahwa korban hanya meminta konsultasi hukum ke PPA, bukan pengembangan kasus. Untuk itu, ia mengaku telah bekerja sesuai permintaan klien dan memastikan semuanya sesuai dengan SOP.

“Pelaporan itu sesuai dengan kebutuhan klien. Kebutuhan klien itu adalah layanan konsultasi hukum dan itu sudah (diberikan). Kecuali kalau mau pengembangan kasusnya kami panggil tersangkanya," tambahnya.

PPA memiliki beberapa pelayanan, di antaranya pengaduan, pengembangan dan pendampingan kasus, mediasi, Rumah Aman, dan konsultasi hukum. Meski begitu, Muslimin menuturkan bahwa PPA memiliki tanggung jawab moral untuk mengingatkan kepolisian.

“Tapi, kami punya tanggung jawab juga untuk koordinasi dengan penyidik. Iya, itu tanggung jawab kami untuk menindaklanjuti laporannya dan itu sudah dilakukan, ada (juga) surat tugas. Jadi, setiap orang (PPA) ke sana ada surat tugas,” jelas Muslimin.

Tanggung jawab moral ini, kata Muslimin, untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan dari kasus perekaman dan pelecehan seksual seperti ini. Misal, kejadian yang berulang hingga pemerasan terhadap korban.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)