maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Counseling Inspiring and Career Expo Mahasiswa Pascasarjana BK UNM Sasar Generasi Alpha

$rows[judul] Foto: CICE 2024. (dok. pribadi)

Makassar - Counseling Inspiring and Career Expo atau disingkat CICE merupakan kegiatan tahunan dari Program Pascasarjana Bimbingan dan Konseling UNM. Khusus tahun 2024, pelaksana CICE mengusung tema ‘Meningkatkan Kapabilitas Generasi Alpha dalam Menghadapi Transformasi Digital’.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juni 2024 di Aula Pascasarjana UNM. Adapun item kegiatan CICE 2024 ini yakni Talkshow, Layanan Konsultasi dan Ranking 1 khusus untuk siswa SMP dan SMA.

Ketua panitia pelaksana CICE 2024 Muhammad Riszky, menyebut tema itu dipilih sebagai isu yang relevan. Salah satunya, kata Riszky, alumni pascasarjana BK UNM nantinya bakal bercengkerama dengan peserta didik yang notabene generasi Alpha.

Lebih lanjut, ia menyebut generasi Alpha memiliki karakteristik unik, terkhusus akses teknologi informasi yang berkembang. Selain itu, opsi karir saat ini juga lebih beragam ketimbang generasi sebelum Alpha.

"Kegiatan ini menjadi penting sebab dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang berbagai bidang karir yang tersedia," ujarnya.

Kendati demikian, Riszky tak menampik banyaknya persoalan yang dihadapi generasi saat ini, termasuk isu kesehatan mental, kecanduan teknologi, dan keamanan online. Karena itu, CICE 2024 disebut-sebut sebagai salah satu solusi menuntaskan masalah demikian.

Selain itu, ia juga menganggap penting untuk mengedukasi generasi alpha terkait kapabilitas yang harus dimiliki di era transformasi digital. "Ini menjadi tantangan bukan hanya pada generasi alpha, tapi juga para pendidik dan masyarakat luas memahami karakteristik agar mampu mengatasi tantangan dan meningkatkan kapabilitas mereka termasuk dalam hal perencanaan karir," jelasnya.

Terpisah, Ketua Prodi BK PPS UNM Sahril berharap kegiatan itu memberi dampak bukan hanya bagi masyarakat, namun lebih penting bagi mahasiswa penyelenggara itu sendiri. "Adanya kegiatan positif ini memberikan kesempatan masyarakat secara luas mendapatkan informasi berkaitan dengan generasi alpha yang tentu berdampak terhadap pola Pendidikan dan komunikasi yang sebaiknya digunakan," ujarnya.

"Hal ini bertujuan agar potensi dan bakat generasi alpha dapat dikembangkan ke arah yang positif," tambahnya.

Ia juga terus mendorong mahasiswa untuk tetap berkontribusi terhadap masyarakat terutama dalam konteks bimbingan dan konseling. "Selain itu juga kegiatan ini juga sangat penting mengasah manajemen mahasiswa program pascasarjana bimbingan dan konseling UNM dalam mengelola kegiatan serta memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung," tutupnya.

Perlu diketahui, Talkshow bakal menghadirkan tiga narasumber, dua diantaranya merupakan guru besar BK yakni Farida Aryani dan Abdul Saman. Sementara satu narasumber lainnya didatangkan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, A. Suriamma Pasinringi.

Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Bagi siapa saja yang berminat dapat mendaftar melalui link https://bit.ly/CICE2024.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)