maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Jelang Pelantikan Rektor UNM, Eks Presiden Pascasarjana Indonesia Titip Pesan

$rows[judul] Foto: Andi Fajar Asti. (Dok. Pribadi)

Makassar - Dalam waktu dekat, Rektor terpilih Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Karta Jayadi bakal dikukuhkan. Rencana peneguhan jabatannya itu direspons oleh Mantan Presiden Pascasarjana Indonesia, Andi Fajar Asti.


"Beliau pernah menjabat Dekan dua periode, Wakil Rektor juga dua periode, dia sangat paham kondisi UNM. Saya optimis, Prof Karta akan membawa UNM menuju masa depan yang lebih baik," tutur Fajar kepada Maritim.news, Kamis (16/5/2024).


Fajar lalu bicara soal status UNM yang saat ini telah menyandang predikat unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM PT). Menurutnya, agar status kampus itu bisa dipertahankan, Karta mesti memperhatikan sosok yang akan mendampinginya selama menjabat.


"Memang mempertahankan prestasi yang sudah ada adalah pekerjaan berat. Maka, Prof Karta mesti jeli melihat figur yang tepat untuk mengisi posisi Wakil Rektor," usulnya.


Selain itu, mahasiswa doktoral IPDN ini berharap agar Karta nantinya melanjutkan kebijakan kampus yang dampak positifnya sudah dirasakan saat ini. Fajar juga menyebut-nyebut keinginannya melihat nama UNM berada dalam barisan kampus terbaik di Indonesia.


"Lanjutkan program terbaik kampus, dan jadikan UNM sebagai kampus kelas dunia. Kebahagiaan tentu akan dirasakan semua alumni jika Indonesia masuk dalam daftar 10 kampus terbaik di Indonesia," harapnya.


Selain itu, mantan aktivis kampus oranye ini juga menyebut perlunya Karta menyerap aspirasi fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan mahasiswa. Jika hal itu dilakukan, maka UNM akan dikenal sebagai kampus yang humanis.


"Aspirasi mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan sangat perlu untuk diakomodir oleh pimpinan. Prof Karta mesti menampilkan wajah UNM yang terbuka atas usul semua orang, apalagi kan mahasiswa itu juga civitas akademika," tandasnya.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)