maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Community Movement, Kolaborasi Prinsip.id-KAHF Bina Anak-anak di RBCS Makassar

$rows[judul] Foto: Foto bersama Volunteer Prinsip.id dan anak-anak kelompok belajar RBCS Makassar. (Dok. Pribadi)

Makassar - Komunitas Pemerhati Anak Sipil Indonesia (Prinsip.id) dan KAHF berkolaborasi dalam memberikan pembinaan dan pembelajaran kepada salah satu kelompok belajar anak-anak di Jl. Tun Abdul Razak, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Ahad (30/3). Kali ini, sasaran mereka adalah anak-anak yang tergabung dalam Rumah Belajar Cerita Savana (RBCS) Makassar.

Kegiatan itu mereka namai Community Movement, salah satu program yang digagas pihak KAHF yang menyasar komunitas-komunitas pendidikan untuk melakukan pembinaan. Prinsip.id sendiri diberi ruang untuk menyusun konsep kegiatan.

Ketua Umum Prinsip.id Muhammad Ashshiddiqie alias Diqi menuturkan kegiatannya itu diisi dengan berbagai jenis kegiatan yang memang menjadi konsentrasi komunitasnya. Khusus di kegiatan kali ini, terdapat penambahan satu aktivitas yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, yakni praktik kultum.

"Kami fokus pada kegiatan belajar dan mengajar sebagaimana branding Prinsip.id selama ini. Sebagaimana biasa, ada pembukaan, orientasi dan dilanjutkan dengan belajar dan bermain. Karena bulan ramadhan, kami peradakan praktikum Kultum yang dibimbing langsung oleh salah satu volunteer kami yang punya pengalaman," papar Diqi kepada Maritim.news, Senin (1/4/2024).


Ia juga menjelaskan jika kehadiran mereka di RBCS memberikan contoh konkret kepada anak-anak soal pentingnya memperbanyak amalan baik. Apatah lagi, kata Diqi, ramadhan adalah momentum yang tepat untuk saling membelajarkan.

"Selain itu, kita juga buka puasa bersama, ini mungkin nampak sederhana bagi banyak orang, tapi berkesan lebih bagi kami dan anak-anak di rumah binaan. Kami juga membagikan bingkisan untuk anak-anak agar mereka belajar berbagi sejak dini," jelasnya.

Diqi sendiri mengakui kegiatannya itu berlangsung berkat komunikasi beberapa pihak, termasuk Komunitas Ikatan Pemuda Peduli Sosial (IKASA) Makassar. Ia menyebut IKASA adalah inisiator sekaligus pembina tetap RBCS yang menjembatani komunikasi hingga kegiatan mereka berjalan lancar.

"Selain kolaborasi dengan KAHF, kami dijembatani komunikasi oleh teman-teman IKASA Makassar. IKASA ini yang membina rumah belajar itu," ungkap Diqi.

"Anak-anak disana itu ada yang berstatus sekolah, ada juga yang belum. Mereka semua punya orang tua, IKASA lah yang menyediakan wadah komunitas belajar bagi mereka, dan kami diberi kesempatan untuk bertandang kesana," imbuhnya.

Untuk diketahui, KAHF yang menjadi kolaborator Prinsi.id ini adalah salah satu brand skincare halal dan modern yang diproduksi khusus untuk pria. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber yang valid, KAHF hadir sebagai rangkaian produk halal yang terinspirasi dari alam untuk merawat kulit serta kebersihan diri.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)