maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Tak Ada Korban Jiwa

$rows[judul] Foto: Kondisi KM Umsini saat terbakar. (Istimewa)

Makassar - KM Umsini yang mengangkut 1.677 penumpang mengalami kebakaran saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). PT Pelni memastikan tak ada korban jiwa dari insiden itu.


“Saat ini pemadaman api sudah berhasil dilakukan dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto, kepada wartawan, Ahad (9/6/2024).


Diketahui, sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu di kamar mesin. Semua penumpang di kapal itu berhasil dievakuasi.


Plt Kepala Cabang Pelni Makassar, Andi Besse mengklaim jika kapal yang usianya kurang lebih 30 tahun tersebut rutin melakukan perawatan sebelum berlayar. Dia menilai KM Umsini dengan usia tersebut belum dikategorikan kapal tua.


“Usianya itu kurang lebih 30 tahun. Ya namanya juga usia segitu kan sudah tidak terlalu tua juga. Tetapi kapal kami itu setiap tahunnya itu kami mengadakan yang namanya docking. Itu setiap tahunnya kami adakan docking,” ujar dia.


Selanjutnya, ia mengungkapkan jika kapal yang mengalami kebakaran memiliki tipe 2.000 kapasitas penumpang. PT Pelni mengaku membatasi kapasitasnya karena mengupayakan kenyamanan penumpang.


“Ini kapalnya ini tipe 2.000. Kapasitas penumpangnya itu bisa sampai 1.000 paling banyak. Karena kami juga lebih mementingkan kenyamanan penumpang saat berlayar,” beber dia.


Pihaknya tak berspekulasi lebih saat ditanya soal KM Umsini melebihi kapasitas saat terbakar. “Kan ada penumpang lanjutan juga,” tandas dia.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)