maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

IMM FAI Unismuh Gandeng Pemdes Tompotana Tanam 200 Bibit Bakau di Takalar

$rows[judul] Foto: Ilustrasi pohon bakau. (Maritim.news)

Takalar - Pimpinan Komisariat (Pikom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar (IMM FAI Unismuh) menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) Tompotana melakukan penanaman 200 bibit pohon bakau. Agenda penghijauan itu dilakukan dalam upaya pelestarian lingkungan menjelang peringatan hari bumi (22/4).

Pantauan di lokasi, Jumat (19/4/2024) kisaran pukul 09.40 WITA, puluhan kader IMM FAI telah berada di Pelabuhan Lama Takalar. Mereka sedang bersiap berangkat menuju Desa Tompotana, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam kegiatan MARITIME, salah satu program kerja pengurus harian IMM FAI.

Beberapa jam kemudian, mereka menumpangi perahu untuk menyeberang ke Pulau Tanakeke. Perjalanan dari daratan utama memakan waktu kurang lebih 40 menit.

"Alhamdulillah, menjelang peringatan hari bumi, kami diberi bibit bakau yang berjumlah 200 oleh Pemdes Tompotana. Insya Allah kami akan melakukan penanaman di bibir pantai," kata Ketua Pikom IMM FAI, Abdurrahman alias Rahman kepada Maritim.news.

Rahman juga mengaku jika nantinya, bibit bakau yang mereka tanam akan dipantau secara berkala. Selain karena salah satu kadernya memang tinggal disana, ia juga akan melakukan pemantauan secara langsung nantinya.

"Disana (Pulau Tanakeke) ada kader kami yang akan kontrol dan kawal, tapi kami tidak biarkan dia kawal sendiri, saya sendiri akan turun juga memantau, minimal 3 bulan sekali," katanya.

Ia juga menuturkan jika jumlah kader yang ikut tak kurang dari 50 orang. Rahman menyebut kader sebanyak itu diberangkatkan lantaran kegiatan yang akan mereka laksanakan di Pulau Tanakeke tak hanya satu.

"Secara keseluruhan, kami berjumlah 60 orang. Massa sebanyak ini kami berangkatkan karena program kerja kita bukan cuman menanam, ada dialog dan juga pemeriksaan kesehatan gratis," tuturnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan gratis, Rahman menggandeng Bidang Kesehatan PC IMM Kota Makassar. Setidaknya, kata dia, ada dua orang yang berlatar belakang kesehatan saat menempuh pendidikan yakni alumni Fakultas Kedokteran dan Farmasi Unismuh.

"Kami berkoordinasi dengan PC Makassar, diutus Muhammad Affan, jebolan FK Unismuh, satu lagi Rizkyani Sofyan dari jurusan Farmasi. Mereka yang akan melayani masyarakat Tompotana untuk diperiksa kesehatannya secara gratis," ungkap Rahman.


Sekadar diketahui, unit-unit kegiatan itu merupakan rangkaian agenda kerja BPH IMM FAI. Setidaknya, ada tiga rangkaian kegiatan yang akan mereka langsungkan selama berada di Desa Tompotana, yakni Dialog Lingkungan Hidup, Penanaman Mangrove, dan Pemeriksaan Kesehatan.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)