maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Aspeksindo Utus DM-nya di Short Training Jurnalistik Maritim.news: Upaya Pemberdayaan

$rows[judul] Foto: Foto bersama usai kegiatan Short Training Jurnalistik (Dok. Pribadi).

Jakarta - Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Andi Fajar Asti mengutus 15 orang Duta Maritimnya (DM) mengikuti  pelatihan jurnalistik yang digelar media digital Maritim.news. Langkah itu dilakukannya sebagai upaya memberdayakan kadernya.

"Duta Maritim (DM) Aspeksindo itu jumlahnya tak kurang dari 300 orang. Kami mengutusnya mengikuti pelatihan jurnalistik sebagai upaya pemberdayaan," kata Fajar kepada maritim.news, Ahad (10/3/2024).

Fajar menjelaskan pemberdayaan yang dimaksud ialah melatih para Duta menjadi kontributor media online. Tugasnya adalah membuat dan menghasilkan naskah-naskah jurnalistik sekaitan dengan perkembangan daerah masing-masing.

"Nah mereka ini kan tersebar hampir di semua Kabupaten/Kota se-Indonesia. Agar informasi terbaru dan perkembangan daerah mereka bisa diakses publik, mereka mesti bisa membuat naskah jurnalistik untuk dipublikasi di media online," papar Fajar.

Namun, karena jumlah DM Aspeksindo terbilang cukup banyak, Fajar hanya mengutus 15 orang perwakilan. Ia menyebut jumlah itu sebagai salah satu upaya dalam menunjang efektivitas pelatihan.

"Pelatihannya kan online yah, agar efektif interaksi antara peserta dan tutornya, kita batasi 15 orang dulu. Beberapa waktu kedepan akan diutus lagi beberapa DM untuk mengikuti pelatihan yang sama," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Maritim.news adalah salah satu media digital yang bekerja sama dengan Aspeksindo. Jalinan komunikasi keduanya baru terbangun di tahun 2024.

Atas alasan itulah, Maritim.news menjadi wadah yang menampung aspirasi DM yang terdaftar di Aspeksindo. Selain naskah-naskah jurnaslitik, opini atau jenis tulisan lainnya dari DM juga akan dipublikasi di Maritim.news.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)