maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Di Pemeriksaan Kesehatan IMM FAI, Warga Tompotana Ngeluh Tak Ada Institusi Pelayanan Kesehatan di Desa Mereka

$rows[judul] Foto: Suasana pemeriksaan kesehatan gratis oleh IMM FAI untuk warga Desa Tompotana (Istimewa)

Takalar - Warga Desa Tompotana, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, menyampaikan keluhan mereka kepada kader-kader IMM FAI Unismuh Makassar yang sedang memberikan pelayanan kesehatan gratis di tempat itu. Warga mengaku kesulitan mengakses layanan kesehatan lantaran rumah sakit hanya berada di pulau yang lain.

"Disini tidak ada puskesmas, tidak ada juga rumah sakit. Jadi kalau mau ke rumah sakit, harus nyebrang pulau lagi," ungkap Nursia kepada Maritim.news, Ahad (21/4/2024)

Kedatangan IMM di tempat itu menjadi kesyukuran tersendiri bagi Nursia, sebab layanan kesehatan gratis adalah hal langkah baginya. Karena itu, ia berharap agar IMM datang lagi ke depan untuk melakukan hal serupa.

"Alhamdulillah, terima kasih adik-adik IMM yang sudah datangkan tim kesehatan. Disini jarang sekali ada pemeriksaan kesehatan," ucapnya.

"Semoga ada mahasiswa lagi nanti, dan kalau bisa (IMM) datang lagi untuk mengadakan kegiatan seperti ini untuk masyarakat," imbuh Nursia.

Terpisah, Ketua Bidang Kesehatan Pikom IMM FAI Unismuh, Fatimah menyebut kehadiran mereka di Tompotana memberi pemeriksaan kesehatan karena permintaan salah satu kadernya. Katanya, kadernya itu meminta secara khusus agar pemeriksaan kesehatan dilakukan lantaran di Tompotana tak ada rumah sakit maupun puskesmas.

"Kami datang dari jauh ke tempat ini setelah menerima informasi dari salah satu kader kami. katanya di tempat ini tidak ada layanan kesehatan," tuturnya.

Saat pemeriksaan sedang berlangsung, Fatimah mengaku jika masih banyak warga yang hendak memeriksakan diri. Namun, karena kendala waktu dan obat-obatan, jumlah warga yang diperiksa tak cukup 50 orang.

"Jumlah warga yang memeriksakan kesehatan sebanyak 46 orang. Sebenarnya ada banyak warga setempat yang ingin memeriksakan diri, hanya saja kami terbatas waktu dan obat-obatan," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan, Fatimah dan timnya mengungkap beberapa penyakit warga setempat yang berhasil diidentifikasi. Karenanya, ia berpesan agar warga yang telah diperiksa menjalankan tips-tips hidup sehat dalam kesehariannya.

"Hasil pemeriksaan itu rata-rata warga teridentifikasi asam urat, kolesterol dan gula darah. Kami berpesan kepada warga agar mengutamakan makan tepat waktu, menjaga kebersihan pakaian dan istirahat yang cukup di malam hari," tandas dia.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)