maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Presiden Terpilih BEM UNM Minta Rektor Baru Tunda PTNBH

$rows[judul] Foto: Presiden Terpilih BEM UNM Hasrul. (Dok.istimewa)

Makassar - Presiden Terpilih Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM), Hasrul meminta penundaan perubahan status BLU menjadi PTNBH. Hal itu disampaikan Hasrul jika Karta Jayadi selaku Rektor Baru UNM, benar-benar melanjutkan program Husain Syam.

"Untuk saat ini tidak, kita (BEM) tidak mendukung untuk saat ini langsung ber-PTNBH. Kita tetap tolak itu dalam artian kita tunda dulu (sambil) pantaskan diri untuk sampai di tahap itu (PTNBH)," ucap Hasrul saat dikonfirmasi Maritim.news di Sekretariat BEM UNM, Jumat (10/5/2024) malam.

Kendati demikian, menurutnya, perubahan status PTNBH tak bisa ditolak lantaran adanya regulasi yang mengikat Rektor UNM. Hasrul menyebut, UNM telah memenuhi score dari Kemendikbud Ristek untuk beralih menjadi PTNBH.

"Bahwa UNM belum siap untuk ke tahap itu (PTNBH). Untuk penolakan (status PTNBH) ini tidak bisa karena ini sudah regulasi di Kementerian, cuman diberikan waktu delapan tahun setelah RUU Sisdiknas itu disahkan. Makanya, ada waktu delapan tahun untuk memantaskan diri bagi UNM. Makanya, kita (BEM) sampai di tahap penundaan PTNBH sebelum UNM dianggap benar-benar layak," tambahnya.

Berkaitan dengan itu, pihaknya mengaku akan mengawal Rektor baru agar dapat memenuhi janjinya. Termasuk janji Karta merevitalisasi sarana prasarana mangkrak kampus.

"Yang digarisbawahi itu ada beberapa gedung, (seperti) lab terpadu yang ada di UNM, (gedung) BU yang ada di (Fakultas) Ekonomi dan (gedung) Pascasarjana. Tentu dalam hal ini kita harus mengawal persoalan itu, di sarana dan prasarana, sebagaimana janji dalam visi misi Prof Karta yang kemudian dipaparkan pada pemaparan visi misi dan debat kandidat," jelas Hasrul.

Hasrul juga menyampaikan tak segan-segan melakukan gerakan yang masif ketika Karta ingkar janji. Salah satu gerakan yang akan ia lakukan adalah demonstrasi besar-besaran.

"Kalau memang dalam bentuk mediasi dari Lembaga Kemahasiswaan terhadap pimpinan tidak (berhasil) diberikan akuntabilitas, transparansi, dan lain-lainnya, kita akan mengawal dari segi demonstrasi," tutup mahasiswa Fakultas Teknik ini.

Sebagai informasi, Rektor Terpilih UNM, Karta Jayadi menegaskan bakal melanjutkan program Husain Syam. Penegasan itu disampaikan Karta saat mencalonkan sebagai Rektor dan pasca pemilihan.

Sementara Husain Syam baru-baru ini menyebut telah menitipkan PTNBH kepada Karta Jayadi.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)