maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Ganjar Usul Nama Bansos Diganti: Ganti Aja Deh Bantuan Kesra

$rows[judul] Foto: Ganjar Pranowo (YT KPU)

Maritim.news, Jakarta - Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo mengusulkan penggantian istilah bantuan sosial (bansos) menjadi bantuan kesejahteraan rakyat (kesra). Hal itu disampaikan saat ia bicara soal tugas negara menciptakan keadilan sosial di balik usulannya itu.


"Kami usul bantuannya ganti aja deh (jadi) bantuan kesra, karena tugas negara itu menciptakan keadilan sosial bukan menciptakan bantuan sosial," kata Ganjar dalam debat pilpres 2024 di Jakarta, Ahad (4/2/2024).


Ganjar juga menyoroti pentingnya penyelenggara negara memperbaiki data penerima bansos. Dia lalu menceritakan pengalamannya soal sulitnya perbaikan data bansos di daerah-daerah.


"Ini yang pernah kita lakukan dan ketika kawan-kawan kades sudah bersusah payah diberikan ke atas balik lagi pada data yang sama seolah-olah kita abai pada soal data ini sehingga betul--betul bansos yang diberikan rencananya tadi menurunkan kemiskinan, mengurangi gap, menurunkan kemiskinan, oke, tapi ternyata tidak. Berapa pun besarnya gapnya tetap tinggi, ini menarik," ujar Ganjar.


Karena itu, ia menegaskan bahwa bansos merupakan hak rakyat. Menurutnya, tugas negara adalah memastikan penyaluran bansos tepat sasaran dan tepat waktu.


"Memang paradigma bansos, sekali lagi, ini betul-betul hak rakyat, tugas negara dan pemerintah adalah memastikan itu bahwa ini adalah tepat sasaran dan tepat waktu, tadi yang disampaikan betul," tambahnya.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)