maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Kenalkan Fiqah, Wisudawan Terbaik FIP UNM Yang Punya Mimpi Bangun Lembaga Pendidikan Untuk Anak-anak

$rows[judul] Foto: Wisudawan terbaik FIP UNM 2024 (dok. pribadi)

Makassar - Salah satu mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) Taufiqah Ridha Mardiyah dinobatkan sebagai lulusan terbaik tingkat fakultas. Wisudawan periode April 2020 ini ternyata punya mimpi mendirikan lembaga pendidikan gratis untuk anak-anak.

"Untuk jangka panjangnya jika diberi jalan sama Allah, (saya) mau dirikan lembaga untuk anak-anak yang bisa melatih berbagai macam perkembangan yang dimilikinya, namun bukan seperti sekolah sih, Insya Allah," ujar Fiqah saat dikonfirmasi Maritim.news, Kamis (25/4/2024).

Fiqah menuturkan, setiap anak memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan. Karenanya, pendirian lembaga yang direncanakannya itu nantinya bakal konsentrasi untuk mengidentifikasi dan mendalami kelebihan setiap anak.

Disamping itu, Ia mengaku penobatan dirinya sebagai lulusan terbaik di tingkat FIP menjadi tantangan tersendiri. Dia juga merasa jika predikatnya itu merupakan amanah sekaligus tanggung jawab yang mesti ia buktikan di masa depan.

"Tentunya ada rasa bangga dan haru bisa sampai di titik ini. Namun ada amanah dan secara tidak langsung ada tanggung jawab moral yang dinobatkan kepada saya," tandas dia.

Untuk diketahui, Fiqah meraih Indeks Predikat Kumulatif (IPK) 3.99. Dalam waktu dekat, ia bertekad bakal melanjutkan pendidikannya di jenjang S2.

Saat ini, Fiqah sendiri telah berstatus sebagai seorang pendidik di salah satu sekolah setingkat TK di Makassar. Aktivitas mengajarnya itu disebut sebagai upaya untuk meniti karir yang lebih tinggi kedepan.

Profile Fiqah

Fiqah merupakan anak ke-2 dari lima bersaudara, ayahnya bernama Herman dan ibu bernama Nurlaila. Fiqah lahir di Makassar pada 2 Mei 2002.

Sebelum terdaftar sebagai mahasiswa di UNM, ia mengenyam pendidikan menengah di MAN 2 Kota Makassar dan Lab. School SMP Unismuh Makassar. Sementara itu, pendidikan dasarnya ia selesaikan di SD Inpres BTN Ikip 1 Makassar.

Selama berkuliah, ia aktif mencari pengalaman di berbagai lembaga dan komunitas. Di tahun 2020, Fiqah pernah bergabung dengan tim inspirator tingkat nasional selama satu tahun.

Dua tahun setelahnya, ia meraih Juara Harapan 3 pada pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) FIP. Sementara itu, ia juga mendalami aktivitas lain di salah satu organisasi ekstra kampus, yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Setelah membekali diri di HMI, Fiqah menerima amanah sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FIP UNM Periode 2022-2023. Usai purna dari jabatannya, dirinya bergabung di sebuah komunitas dari Yayasan Sipakatau Anak Harapan.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)