maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

DPP Golkar Tetapkan Bakal Cakada di Pilkada 2024, Ada Nama Rektor UNM

$rows[judul] Foto: Momen Husain Syam saat menerima Special Achievement Awards kategori Outstanding Educational System Innovation pada pagelaran CNN Indonesia Awards 2024. (M. Dirga Rizkiansyah/Maritim.news))

Makassar - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar secara resmi menetapkan bakal calon kepala daerah (Cakada) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Khusus di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), ada empat nama figur yang bakal diusung, salah satunya adalah Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam.

Berdasarkan informasi yang diterima Maritim.news, Senin, (1/3/2024), keterangan itu tertuang dalam Surat Perintah DPP Partai Golkar No. 1369 yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal Lodewijk Paulus tertanggal 21 Maret 2024 dengan cap stempel resmi. Nama Rektor UNM bersanding dengan tiga figur lainnya.

Ketiga figur tersebut yakni Ketua Bappilu Golkar Sulbar Arwan M. Aras Tammauni, mantan Ketua DPRD Sulbar dua periode Hamzah Hapati Hasan, dan Ketua Partai Golkar Sulbar Aras Tammauni. Keempat figur, kecuali Arwan yang juga diusung sebagai bakal calon wakil gubernur, ini akan diusung sebagai bakal calon gubernur Sulbar pada Pilkada nanti.

Profil Husain Syam

Husain Syam, yang kerap dibranding dengan akronim PHS ini adalah Rektor dua periode di UNM. Rektor kelahiran Polewali Mandar (Polman) Sulbar ini menjabat sejak tahun 2016 hingga sekarang.

Sebelum menjadi Rektor, Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pertanian ini juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik. Ia menjabat selama dua periode pada tahun 2008-2012 dan 2012-2016.

PHS memulai pendidikannya di SDN 12 Kanang, Polman, pada 1973. Setelah itu, melanjutkan pendidikan ke SMPN 2 Polewali. Keinginannya meraih pendidikan yang lebih berkualitas mengantarkannya untuk lanjut di SMAN 6 Makassar.

Saat masuk di UNM (dulu IKIP Ujung Pandang), ia berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan Teknik Mesin Produksi pada tahun 1989. Gelar magister hingga doktornya kemudian ia peroleh di luar pulau Sulawesi, yakni di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Berbagai prestasi telah ia catat dalam sejarah UNM. Teranyar, Husain Syam menerima Special Achievement Awards kategori Outstanding Educational System Innovation pada pagelaran CNN Indonesia Awards 2024.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)