maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Tokoh Pendidikan Sebut Ilham Azikin Pemimpin Visioner Usai Programnya Direplikasi Pemprov Sulsel

$rows[judul] Foto: Tokoh Pendidikan di Bantaeng, Baharuddin. (Istimewa)

Bantaeng - Salah satu Tokoh Pendidikan di Bantaeng, Baharuddin menyebut Ilham Azikin sebagai pemimpin visioner alias berpikir maju. Hal itu, merespons Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan  (Sulsel) yang saat ini tengah mencanangkan program seragam sekolah gratis.


Baharuddin menganggap Pemprov Sulsel, dalam hal ini Disdik mencontoh program Bupati Bantaeng Periode 2018-2023 itu. Sebab, program demikian telah berjalan di Bantaeng sejak tahun 2019.


“Kita sudah melakukan itu sejak 2019. Malah semua anak sekolah sudah mendapat perlengkapan gratis itu. Tidak mesti memilih anak miskin atau kaya, semua dapat,” ujar dia yang juga sebagai pendiri sekolah jauh SD Parring-parring, Kamis, (4/9/2024).


Bagi Baharuddin, Pemprov Sulsel yang menyebut program itu menekan angka kemiskinan ekstrem 

telah disadari oleh Ilham Azikin lebih awal. Karena itu, Ilham Azikin meluncurkan Program itu di 

masa-masa awal jabatannya sebagai Bupati Bantaeng.


“Berdasarkan pengamatan di lapangan, orang tua peserta didik terbantu. Terutama kalangan 

menengah kebawah, apalagi yang pekerjaannya sebagai buruh atau petani,” ujar dia.


Karena itu, ia mengaku bangga atas terobosan Ilham Azikin yang telah menginspirasi banyak pihak. Tak hanya di level Provinsi, bahkan, kata dia, kesadaran tentang pentingnya seragam gratis juga telah dirasakan oleh Kemendikbud.


“Dengan demikian, merupakan anugerah bagi orang tua peserta didik, karena diawal tahun ajaran tidak terbebani lagi dengan pembelian seragam sekolah untuk anaknya,” tandas Baharuddin.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)