maritimdotid@gmail.com
ASPEKSINDO

Tiga Calon Rektor Unismuh Makassar Kantongi Rekomendasi PWM Sulsel

$rows[judul] Foto: Tiga kandidat Rektor Unismuh Makassar. (Humas PW Muhammadiyah Sulsel)

Makassar - Tiga nama bakal calon rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar periode 2024-2028 resmi ditetapkan dalam Rapat Senat Unismuh yang berlangsung di Menara Iqra' Lantai 17, Selasa (11/6/2024). Ketiga calon tersebut diantaranya Abd Rakhim Nanda, Andi Sukri Syamsuri, dan Erwin Akib.

Diketahui, ketiganya merupakan calon yang direkomendasikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan (Sulsel). Selanjutnya akan diserahkan ke Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Rektor Unismuh, Dahlan Lama Bawa membeberkar, jika dari awal empat calon yang dikirimkan ke PWM, hanya tiga calon yang mengantongi rekomendasi. Adapun nama yang tidak mengantongi rekomendasi dari PWM adalah Rusli Malli.

Hingga, pihaknya berharap Rusli Malli mampu fokus mengembangkan Program S2 Prodi Pendidikan Agama Islam yang berada di kampus biru itu. Dahlan meminta agar Rusli kedepannya segera meraih akreditasi Unggul.

“Pak Rusli Malli diminta fokus mengembangkan S2 Pendidikan Islam, karena saat ini prodi tersebut cukup berkembang dengan capaian akreditasi Baik Sekali. Beliau diminta fokus agar prodi tersebut dapat segera meraih akreditasi Unggul,” kata Dahlan.

Kendati demikian, dikarenakan hanya tiga yang mengantongi rekomendasi PWM hingga pihaknya tidak peragakan pemilihan. Hanya saja melakukan pengesahan calon.

Terpisah, Juru bicara (Jubir) Panlih Ihyani Malik ungkap tiga nama akan melakukan tahapan uji kelayakan dan kepatutan. Kegiatan ini dilakukan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

“Dalam aturan pemilihan, jika calon tidak lebih dari 3 orang, maka Senat tinggal mengesahkan, dan dikirim ke Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk melakukan Fit and Proper Test," ungkap dia.

Selanjutnya, ia menambahkan dalam waktu dekat pelantikan Rektor yang baru Unismuh bakal dihelat sebelum 9 Agustus 2024. Beberapa tahapan akan diakomodir oleh Panlih diantaranya Dahlan Lama Bawa (Ketua merangkap anggota), Baharullah (Sekretaris merangkap anggota), dan Ihyani Malik (Jubir merangkap anggota).

“Insyaallah, paling lambat awal Agustus, PP Muhammadiyah sudah akan mengeluarkan SK Rektor Unismuh periode 2024-2028,” tandas Ihyani.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)